Ceritakan Tentang Dirimu: Pertanyaan Interview yang Paling Sering Ditanyakan

Gambarkan dirimu sendiri.

Beritahu saya siapa dirimu.

Bagi kalian yang pernah terlibat dalam interview atau wawancara kerja pastilah pernah mendengarkan variasi pertanyaan yang kurang lebih tujuannya sama tersebut. HRD akan melontarkan pertanyaan tersebut dan meminta kandidat menjawabnya tanpa pikir panjang, betul?

Menurut Business Insider, pertanyaan “Tell me about yourself” ini merupakan pertanyaan yang paling sering ditanyakan ketika interview.

Lalu, apa tujuannya?

HRD tentu ingin mengetahui apakah kamu adalah orang yang pantas untuk menduduki posisi yang sedang kamu lamar ini.

Caranya adalah dengan meminta kandidat untuk menceritakan tentang diri mereka sendiri. Lalu, bagaimana cara untuk menjawab pertanyaan “tell me about yourself?”

Mulailah dengan menceritakan pencapaian atau perjalanan hidup secara profesional. Yang artinya, harus sangat berhubungan dengan posisi yang dilamar.

Informasikan pencapaian profesionalmu, kemampuan atau skill-mu yang dapat digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas yang akan kamu terima jika terpilih. Beritahukan juga tentang nilai-nilai profesionalitas yang bisa kamu bawa untuk menvalidasi apa yang kamu tampilkan dalam resume.

Tapi, HRD tentu saja dapat membacanya langsung dalam resume bukan?

Ya, namun siapa yang tak ingin mendengar langsung mengenai hal ini dari kandidat yang bersangkutan?

Dengan waktu yang terbatas, kandidat juga perlu menjawab pertanyaan ini dengan singkat dan jelas. Tipsnya adalah informasikan skill apa yang kamu dapat dari pekerjaanmu yang sebelumnya dan apa manfaat yang akan diterima perusahaan ketika skill-mu diaplikasikan.

Kuncinya ada pada job desc posisi yang kamu lamar, apakah skill, gelar, pengalaman, atau nilai profesional yang sedang kamu utarakan dapat memenuhinya atau tidak.

Latihlah jawaban singkatmu dan persiapkan untuk wawancaramu yang mendatang, buat durasinya 30 detik atau maksimal 1 menit untuk merangkum semua dan menangkap perhatian HRD ketika wawancara berlangsung.

Selain itu, ada lagi berbagai pertanyaan-pertanyaan seperti yang dilansir dari Inc:

1. Apa kelemahan dan kekuatan terbesarmu?
2. Apa rencanamu untuk lima tahun ke depan?
3. Mengapa saya harus memilihmu dari banyaknya pelamar lain untuk posisi ini?
4. Mengapa kamu perlu mendapatkan pekerjaan ini?
5. Mengapa kamu berhenti dari pekerjaanmu yang sebelumnya?

Semua pertanyaan tersebut adalah cara HRD untuk menentukan siapa yang pantas untuk mengisi posisi tersebut? Apakah itu kamu atau kandidat lain?

Dan jika semua pertanyaan tersebut adalah template yang digunakan mereka untuk mewawancarai kamu, kamu pun dapat menggunakan template yang telah dimodifikasi oleh dirimu untuk menjawabnya. Personalisasi adalah kuncinya.


Pelajari dan latihlah jawaban-jawaban tersebut agar kamu sukses mendapatkan pekerjaan apapun yang kamu inginkan. Kamu dapat mengunjungi blog MatchaTalent untuk membaca banyak artikel yang berguna untuk membantu para pencari kerja mendapatkan pekerjaan idaman.

Kami juga memiliki profil Instagram dan LinkedIn, kamu dapat menerima banyak sekali informasi mengenai lowongan kerja terkini yang dibuka oleh banyak klien employer kami. Oh ya, kami pun memiliki laman khusus lowongan kerja di sini.

Mengapa perlu mengunjungi laman lowongan kerja MatchaTalent?

  • MatchaTalent menyediakan banyak lowongan kerja terkini dan ter-update
  • Sumber lowongan kerja didapat langsung dari klien perusahaan yang menggunakan jasa MatchaTalent sebagai hiring partner mereka
  • Tidak ada biaya sepeserpun yang akan dibebankan kepada para pencari kerja untuk melamar
  • Kamu akan diwawancara oleh hiring partner/perekrut profesional kami dan dipersiapkan untuk wawancara langsung dengan HR perusahaan
  • Kamu tidak hanya dididik dan dibantu dalam mempersiapkan resume dalam melamar pekerjaan yang ada sekarang namun juga akan secara terus menerus dibina oleh MatchaTalent untuk pekerjaan-pekerjaanmu selanjutnya

Your career is a lifetime project and MatchaTalent will always help you along the way.


Artikel rekomendasi selanjutnya: https://www.inc.com/jeff-haden/27-most-common-job-interview-questions-and-answers.html

Foto oleh Christina @ wocintechchat.com dari Unsplash

LOOKING FOR JOB?

CURRENTLY HIRING?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *